Teladan yang Terlupakan: Resensi Buku Kepemimpinan dan Keteladanan Umar bin Khathab



TELADAN YANG TERLUPAKAN

"Barangsiapa yang hendak mengambil teladan, maka teladanilah orang-orang yang sudah meninggal. Mereka itulah para sahabat Nabi Muhammad ﷺ. Mereka adalah orang-orang yang paling baik hatinya di kalangan umat ini. Ilmu mereka paling dalam serta paling tidak suka bersikap ekstrem. Mereka adalah kaum yang telah dipilih oleh Allah guna menemani Nabi-Nya ﷺ dan untuk menyampaikan ajaran agama-Nya. Oleh karena itu, tirulah akhlak mereka dan tempuhlah jalan-jalan mereka, karena sesunghuhnya mereka berada di jalan yang lurus." 
– Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu 'anhu

Setelah membahas kisah teladan dari sahabat Abu Bakar As Shiddiq radhiyallahu 'anhu (semoga Allah meridhainya), Ustadz Fariq Gasim Anuz hafizhahullah (semoga Allah menjaganya) kembali menghadirkan untaian kisah-kisah teladan dari khalifah kedua, sahabat utama setelah Abu Bakar, Umar bin Khathab radhiyallahu 'anhu.

Dalam buku ini, penulis pertama memberikan gambaran akan sosok Umar radhiyallahu 'anhu yang termasuk pemuka Quraisy sebelum masuk Islam, beliau juga memaparkan kedustaan kisah Umar membunuh bayi perempuan yang masyhur di masyarakat, lalu beliau beranjak mengisahkan keislaman Umar radhiyallahu 'anhu dengan perantara Fathimah adik perempuan beliau serta Sa'id bin Zaid radhiyallahu 'anhum.

Selanjutnya, penulis memaparkan berbagai kisah teladan dari Umar bin Khathab radhiyallahu 'anhu yang sayangnya banyak dilupakan oleh kaum muslimin seiring jauhnya mereka dari ajaran agama. Tentang bagaimana sosok beliau yang berani, adil dalam memimpin, wara' (berhati-hati), serta bagaimana pendapat beliau sesuai dengan wahyu yang Allah Ta'ala turunkan kepada Rasulullah ﷺ hingga ketika beliau wafat dibunuh oleh orang yang zhalim. Buku ini diakhiri dengan bab yang sangat indah, "Saya Belajar dari Umar" yang merupakan transkrip ceramah Syaikh Dr. Nabil Al Awadhi.

Penulis berusaha mendekatkan sosok Umar bin Khathab radhiyallahu 'anhu kepada kita semua dengan bahasa yang mengalir ringan dan mudah dipahami, juga menghadirkan faidah-faidah serta contoh konkret perwujudan sifat mulia Umar bin Khathab di masa kini. Hal ini memudahkan kita untuk mendulang manfaat dari keteladanan Umar bin Khathab dan mencontoh beliau dala kehidupan sehari-hari kita, suatu hal yang unik yang menjadikan buku ini berbeda.

Buku ini cocok bagi segala usia dan kalangan, bukan hanya bagi kalangan terpelajar yang biasa menelaah buku-buku tebal. Orangtua bisa memilih berbagai kisah teladan Umar radhiyallahu 'anhu dalam buku ini dan menceritakannya kepada buah hati sebelum tidur, agar mereka tidak mengalami krisis identitas dan keteladanan. Demikian pula buku ini layak dibaca remaja dan dewasa, tulisan yang ditampilkan cukup besar dengan font yang nyaman dibaca, cover buku pun didesain elegan dengan hard cover sehingga buku tidak mudah rusak.

Akhir kata, buku ini adalah usaha dari penulis yakni Ustadz Fariq Gasim Anuz hafizhahullah untuk menghadirkan sosok teladan di masa penuh fitnah dan ujian, di mana anak-anak muda kaum muslimin lebih mengenal sosok-sosok ilmuwan, aktris, aktor dan seleb social media dibanding para pendahulu mereka yang shalih. Buku ini juga menjadi pembelaan atas tuduhan kaum yang mencela Umar bin Khathab radhiyallahu 'anhu dan membencinya setengah mati, dengan mengenal Umar lebih dekat, in sya Allah kaum muslimin akan terjaga dari pemahaman yang menyimpang tersebut.

"Semoga dengan membaca buku ini semakin menambah kualitas keimanan kita, menambah cinta, harap dan takut kita kepada Allah, menambah cinta kita kepada Rasulullah ﷺ, keluarganya, Abu Bakar Ash-Shiddiq, Umar bin Khathab, dan para sahabat lainnya radhiyallahu 'anhum ajma'in. Mereka adalah pahlawan Islam. Sangat besar jasa mereka bagi kita umat Islam."
– Ustadz Fariq Gasim Anuz dalam kata pengantar

•••
Data Buku:
Judul: Kepemimpinan dan Keteladanan Umar bin Khathab radhiyallahu 'anhu (Pembelaan Terhadap Al-Faruq)
Penulis: Ustadz Fariq Gasim Anuz hafizhahullah 
Penerbit: Daun Publishing
Jumlah halaman: xii + 442 halaman
Cetakan: Pertama, Jumadil Ula 1437 H/Maret 2016 M
Jenis cover: hard cover
•••
@muslimahmuda
facebook.com/muslimahmuda
#letssharekindness

Komentar

Postingan Populer