MAKNA NIKMAT ALLAH LAHIR DAN BATIN


#tadabburquran
MAKNA NIKMAT ALLAH LAHIR DAN BATIN

Bismillah
Kawan, Allah Ta'la berfirman pada Surat Luqman ayat 20:

وَأَسْبَغَ عَلَيْكُمْ نِعَمَهُ ظَاهِرَةً وَبَاطِنَةً ۗ

"Dan Allah menyempurnakan untukmu nikmat-Nya lahir dan batin"

Mungkin sekilas terbersit dalam benakmu, apa sih makna nikmat Allah lahir dan batin? Berikut akan kami bawakan beberapa tafsir ulama mengenai makna nikmat Allah lahir dan batin:

Dalam suatu hadits, Rasulullah shallallahu 'alahi wa sallam bersabda,

"Adapun nikmat yang lahir, maka penciptaanmu yang Allah baguskan, adapun yang batin, apa yang Allah tutupi dari auratmu/aibmu (sesuatu yang tak ingin diketahui orang lain), seandainya Allah menampakkan aibmu, niscaya keluargamu akan membencinu, maka bagaimana dengan yang selain mereka?"

Dalam riwayat lainnya, beliau bersabda,

" Adapun nikmat yang lahir, adalah Islam dan bagusnya penciptaanmu, serta penyempurnaan rizkimu. Sementara nikmat yang batin, apa yang telah Allah tutupi dari perbuatanmu"

Maa sya Allah...ternyata keislaman kita, fisik kita yang bagus, sehat dan sempurna, serta tidak tersebarnya aib kita merupakan salah satu bentuk nikmat Allah Ta'ala yang sering kita sepelekan dan lupakan... Terkadang kita sibuk menginginkan nikmat yang ada pada orang lain dan melupakan betapa banyak nikmat Allah yang ada pada diri kita, astaghfirullah...Yuk kita syukuri nikmat ini, nikmat Allah lahir dan batin yang telah Allah sempurnakan.

Semangat pagi kawan, mulailah segalanya dengan basmallah heart emoticon

facebook.com/muslimahmuda
Instagram|Twitter @muslimahmuda
nextgenerationmuslimah.blogspot.com


Komentar

Postingan Populer