IBADAH MUSLIMAH DI BULAN PENUH BERKAH
(Diringkas dari buah karya Ust Abu Aniisah Syahrul Fatwa bin Lukman -hafidhahullah- dalam Majalah Al Furqon 149)

Bismillah
Kawan Muslimah, Bulan Ramadhan bulan yang penuh berkah adalah ladang pahala bagi setiap insan. Tidak ketinggalan wanita muslimah, ibadah apa yang semestinya dikerjakan oleh wanita muslimah di bulan ini? Simak ulasan berikut.

🌸PUASA
Para ulama sepakat bahwa yang wajib berpuasa Ramadhan adalah seorang muslim yang berakal, baligh, sehat dan menetap (tidak dalam perjalanan). Adapun wanita, disyaratkan dalam kondisi suci dari haidh dan nifas. Tidak ada perselisihan di kalangan ulama bahwa hukum puasa Ramadhan adalah wajib. Silahkan baca surat Al-Baqarah ayat 183.

🌸MEMBACA AL-QUR'AN
Rasulullah -shallallahu 'alaihi wa sallam- telah menjanjikan pahala yang besar bagj yang membaca Al-Qur'an. Beliau bersabda (yang artinya), "Barangsiapa yang membaca satu huruf Al-Qur'an maka baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan akan dilipatgandakan menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan bahwa Aliif Laam Miim adalah satu huruf, akan tetapi Aliif satu huruf, Laam satu huruf, dan Miim satu huruf." (HR. At-Tirmidzi, dishahihkan oleh Syaikh Al Albani)

🌸 SHALAT TARAWIH
Shalat Tarawih termasuk syiar Islam yang paling nampak pada bulan Ramadhan. Karena shalat ini memiliki keistimewaan sendiri. Rasulullah -shallallahu 'alaihi wa sallam- bersabda, "Barangsiapa yanh mengerjakan shalat malam di bulan Ramadhan karena keimanan dan mengharap pahala Allah, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu."

Lantas bagaimanakah dengan wanita? Apakah wanita lebih afdhal shalat di rumahnya masing-masing ataukah Shalat Tarawih di masjid? Ketahuilah, Islam telah mengizinkan bagi para wanita muslimah untuk pergi ke masjid dan shalat berjamaah bersama manusia. Akan tetapi Islam menganjurkan pula agar para wanita shalat di dalam rumahnya, bahkan shalat di dalam rumah lebih afdhol dan terjaga dari fitnah. Rasulullah -shallallahu 'alahi wa sallam- bersabda (yang artinya), "Janganlah kalian melarang istri-istri kalian untuk (shalat berjamaah) di masjid, akan tetapi rumah-rumah mereka lebih baik bagi mereka." (HR. Abu Dawud, Ahmad dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani)

🌸 MENDIDIK ANAK
Bagi yang sudah berkeluarga, anak adalah amanah Allah Ta'ala. maka semestinya setiap orang tua memperhatikan pendidikan anak-anaknya. Baik dan buruknya tingkah laku seorang anak adalah hasil didikan orang tua. Kewajiban orang tua terhadap anak bukan hanya memberi kecukupan makan, minum ataupun pakaian. Namun ada yang lebih penting, yaitu MENYELAMATKAN MEREKA DARI SIKSA NERAKA. Silahkan baca Surat At-Tahrim ayat 6.

🌸 MEMPERBANYAK DOA
Hendaknya setiap hamba tidak bisa lepas dari doa, terlebih lagi di bulan yang penuh berkah ini. Allah Ta'ala memberikan janji akan mengabulkan doa orang yang berdoa di bulan Ramadhan. Silahkan baca surat Al-Baqarah ayat 186 yang terdapat setelah ayat puasa dan Ramadhan, ayat ini merupakan dalil yang sangat jelas tentang keutamaan di bulan Ramadhan.

🌸 MENYIAPKAN HIDANGAN SAHUR DAN BERBUKA
Suatu perbuatan yang biasa akan bernilai ibadah jika diniatkan untuk ibadah. Menyiapkan hidangan sahur dan berbuka puasa adalah ladang pahala bagi wanita muslimah.

🌸 MENJAGA LISAN
Puasa tidak hanya menahan makan dan minum semata. Rasulullah -shallallahu 'alaihi wa sallam- bersabda (yang artinya), "Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta dan amalannya serta kebodohan, maka Allah tidak butuh ia meninggalkan makan dan minumnya." (HR. Al-Bukhari)

Demikian beberapa ibadah muslimah di bulan penuh berkah, manfaatkanlah kesempatan emas ini, Kawan! Pahala besar telah menantimu...lahala ibadah di bulan Ramadhan yang hanya sekali dalam setahun!! Semoga kita menjadi hamba yang bertakwa dan tetap istiqomah setelah bulan puasa Ramadhan berlalu. Allahumma amiin... like emoticon

Diringkas dari artikel yang berjudul sama
Buah pena Ustadz Abu Aniisah Syahrul Fatwa bin Lukman -hafidhahullah- di majalah Al-Furqon 149 edisi 1 vol 14

Instagram | Twitter: @muslimahmuda
nextgenerationmuslimah.blogspot.com

Komentar

Postingan Populer