YOU DON'T LIVE ONCE





YOU ONLY LIVE ONCE
(Really?)
Bismillah
Kawan Muslimah, sering kita dengar jargon "YOLO" yang merupakan akronim dari "You Only Live Once" alias "Lo cuma hidup sekali". Sebuah jargon yang sering diucapkan anak muda, atau mereka yang merasa muda, yang terkadang menjadi dalih pembenaran mereka untuk bersenang-senang, hura-hura dan melakukan apapun yang mereka suka.

Namun Kawan, tahukah Kau bahwa ternyata kita tidak hidup sekali saja? Melainkan ada kehidupan lain setelah kematian. Yups, itulah kehidupan akhirat, dimana semua yang kita lakukan di dunia akan dimintai pertanggungjawaban.

Seringkali kita sebagai manusia, lupa bahwa ada kehidupan lain setelah kematian. Seringkali kita lebih mengutamakan kehidupan dunia, dunia dengan segala pernak-pernik indahnya yang menipu dan fana, dan melupakan akhirat, melupakan bahwa kita harus "menabung" dengan beramal shalih karena memang itulah tugas utama kita hidup di dunia. Yah inilah potret diri kita yang lemah dan hina, yang lebih mengutamakan kehidupan dunia yang fana, padahal akhirat itu lebih baik lagi lebih kekal...

Berkata Syaikh 'Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di -semoga Allah merahmati beliau- ketika menafsirkan ayat ini dalam tafsir beliau: "Firman Allah (yang artinya) 'Sesungguhnya mereka' yakni orang-orang yang mendustakan Engkau wahai Rasul setelah dijelaskan bagi mereka ayat-ayat dan dimotivasi (dengan janji-janji Allah) serta ditakut-takuti (dengan ancaman Allah), dan walaupun demikian, tidaklah bermanfaat bagi mereka hal tersebut, bahkan mereka senantiasa mengutamakan 'kehidupan dunia' dan merasa tenang kepadanya. 'Dan mereka meninggalkan' yaitu mereka meninggalkan amalan dan menyepelekannya 'di belakang mereka' yaitu: didepan mereka 'hari yang berat' dan (hari yang berat) itu adalah hari kiamat, yang lamanya 50.000 tahun menurut hitungan mereka (manusia). Allah Ta'ala berfirman (yang maknanya) 'Berkata orang kafir (pada hari kiamat) ini adalah hari yang berat'. Seakan-akan mereka tidak diciptakan kecuali untuk dunia dan tinggal didalamnya (saja)."

Kawan, marilah kita beramal shalih dan beribadah, karena memang itulah tugas utama dan penyebab mengapa kita diciptakan oleh Allah Ta'ala, karena memang sejatinya kita hanya hamba. Ingatlah bahwa hidup ini bukan hanya kehidupan dunia, melainkan ada hari yang berat kelak, yakni hari kiamat. Maka persiapkanlah sekarang, agar kita kelak tak celaka dan menyesal, karena penyesalan memang hadir belakangan...

Semoga weekend kamu bermanfaat dan penuh faidah
facebook.com/muslimahmuda




Komentar

Postingan Populer