Tauhid Asma wa Shifat #tawheedfirst

Serial ‪#‎tawheedfirst‬
Part 5: Tauhid Asma wa Shifat
Pembahasan sebelumnya: http://goo.gl/K4MGtF

Bismillah

Dear Muslimah, alhamdulillah dengan izin Allah kita dapat kembali bersua kali ini. Semoga Allah memudahkan kita untuk terus istiqomah dalam menuntut ilmu agama yang benar dan mengamalkannya.

Kawan Muslimah, kali ini kita akan membahas tentang Tauhid Asma wa Shifat...apakah Tauhid Asma wa Shifat tersebut?

Tauhid Asma wa Shifat adalah: mengimani nama-nama dan sifat-sifat Allah Ta'ala yang Maha Indah dan Luhur sebagaimana yang telah Allah tetapkan dalam Al-Qur'an dan ditetapkan melalui lisan Rasulullah -shallallahu 'alaihi wasallam-. Dan meyakini nama-nama dan sifat-sifat Allah tersebut tanpa tahrif, takwil, takyif dan tamtsil.

Apakah Tahrif, Takwil, Takyif dan Tamtsil itu?

Tahrif dan takwil: penyimpangan sebuah makna atau lafal yang benar dalam Al-Qur'an atau hadits kepada makna atau lafal yang salah

Takyif adalah memvisualisasikan sifat Allah Ta'ala (misal: berandai-andai bagaimana rupa Allah Ta'ala)

Tamtsil: Menyerupakan sifat Allah dengan sifat makhlukNya (misal: menyatakan bahwa penglihatan Allah seperti penglihatan makhlukNya wal 'iyaadzu billah)

Dalilnya adalah firman Allah Ta'ala:

{لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ ۖ وَهُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ} [الشورى : 11]

"Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia (Allah Ta'ala) dan Dia lah yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat" (Q.S Asy Syuraa : 11)

Dengan memahami nama-nama dan sifat-sifat Allah, kita kan semakin mengenal Allah Ta'ala rabb kita, hingga kan muncul kecintaan kepadaNya beserta ketundukan, penghambaan serta rasa takut akan adzab (siksaan)Nya.

Dengan demikian, genap sudah kita membahas 3 macam tauhid, pembahasan #tawheedfirst berikutnya in sya Allah mengenai 3 Landasan Utama. Stay tune yaa...

@muslimahmuda
---------------
Referensi: "Al Jadiid Syarh Kitaabit Tauhiid" karya Syaikh Muhammad bin Abdul Aziz as Sulaiman al Qor'awi, edisi Indonesia "Cara Mudah Memahami Tauhid", Pustaka At Tibyan
Dengan pengubahan gaya bahasa dan penambahan dari redaksi

Komentar

Postingan Populer