Tips Anti Galau Saat Belajar dari Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah




Terkadang, kita merasa down, putus asa dan galau karena pelajaran. Entah karena sulit paham, atau karena hasil nilai tak sesuai ekspetasi, dan lain sebagainya.

Jangan bersedih, ulama sekaliber Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah juga pernah mengalaminya juga, Kawan. Yang perlu kita lakukan adalah mengikuti langkah beliau menghadapi masalah tersebut...


قال ابن تيمية -رحمه الله-
ربما طالعت في تفسير اﻵية الواحدة مئة تفسير فلا أفهمه، ثم أسأل الله الفهم و أقول "يا معلم آدام و إبراهيم علمني". و كنت أذهب إلى المساجد المجاورة و نحوها و أمرع وجهي في التراب و أسل الله تعالى و أقول: "يا معلم آدام و إبراهيم علمني"

"Terkadang aku telah menelaah tafsir satu ayat saja bahkan dari seratus (kitab) tafsir, namun aku tetap belum memahaminya, lalu aku meminta kepada Allah Ta'ala pemahaman, aku BERDOA 'Wahai Dzat yang telah mengajarkan ilmu kepada Adam dan Ibrahim maka ajarkanlah ilmu kepadaku'. Dan terkadang aku harus pergi ke sebuah masjid yang sepi, lalu aku letakkan pipiku di atas tanah, aku memohon kepada Allah Ta'ala, seraya BERDOA: 'Wahai Dzat yang telah mengajarkan ilmu kepada Adam dan Ibrahim maka ajarkanlah ilmu kepadaku'" (Tafsir Surat Al Ikhlas hal 10 oleh Ibnu Taimiyyah)

Kawan...
BERDOALAH
Ketuklah pintu Dzat yang tak pernah lalai sedikitpun, yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, Maha Mengetahui, Maha Memberi Rizki

Terkadang seorang penuntut ilmu terlalu bersandar terhadap kemampuannya sendiri, melupakan bahwa diatas sana ada Dzat yang Maha Mengatur segala sesuatu lagi Maha Kuasa.

@muslimahmuda
Dikutip dari Majalah Al Furqon edisi 154 hal 69 dengan penambahan

Incoming search terms:
Motivasi, obat galau, pusing skripsi, mapala, mahasiswa paling lama, tips belajar, tips menuntut ilmu, ilmu syar'i, derita mahasiswa, balada mahasiswa, kisah ulama, perjalanan menuntut ilmu, ibnu taimiyyah, manhaj salaf, perjuangan, perjuangan menuntut ilmu




Komentar

Postingan Populer