Apakah Kamu Jilbaber Sejati? (Part 1)


Apakah kamu termasuk jilbaber? Atau malah kamu belum kepikiran pake jilbab?
Buat kamu yang udah jadi jilbaber, selamat deh berarti kamu udah melaksanakan syariat Islam. And buat kamu yang belum pake jilbab, ayo dong pake, dijamin gak ada ruginya plus dapat pahala.

Oke deh para jilbaber, gimana kerudung kalian selama ini? Apakah selalu 24/7 dipake atau pas kegiatan tertentu kaya sekolah atau ikut acara keagamaan doang? Dan apakah jilbab kamu udah 100% pas dengan syariat atau malah terkesan 'nanggung' karena belum menutupi aurat dengan sempurna? Let's check this one ^^

APA SIH JILBAB ITU? Sist, disini kita nggak bahas jilbab secara sempit alias cuma kerudung atau penutup kepala doang. Kata Ibnu Hazm "Jilbab yang diperintahkan untuk dipakai wanita menurut bahasa Arab adalah yang menutup seluruh tubuh bukan hanya menutup sebagian" Al Baghawi bilang " Jilbab adalah pakaian yang dikenakan kaum wanita merangkap khimar (kerudung) dan pakaian yang biasa digunakan di rumah. Sedangkan kalau kerudung yang salah kaprah kita sebut jilbab dalam bahasa Arab disebut khimar.
WAJIBNYA MENUTUP AURAT
Sist, agama kita adalah agama yang sangat menghormati dan melindungi martabat wanita. Islam gak rela kalau cewek tuh dijadikan bahan objekan atau pelampiasan seksual cowok semata. Islam mewajibkan wanita menutup aurat karena wanita begitu berharga. Gak percaya? Simak deh, Allah berfirman dalam Al-Qur'an di surat Al-Ahzab ayat 59:

"Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang yang beriman: 'Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka' yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu, dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang"
Terus... apa sih aja sih auratnya wanita? Kata Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Albani -semoga Allah merahmatinya- "Setelah kami meneliti Al-Qur'an, hadits nabi dan riwayat para salaf (ulama terdahulu) dalam masalah yang cukup penting ini, jelaslah bagi kami bahwa seorang wanita bila keluar dari rumahnya wajib menutup seluruh tubuhnya dan tidak boleh menampakkan sedikitpun perhiasannya, kecuali wajah dan telapak tangannya dengan jenis pakaian apapun asal terpenuhi syarat-syaratnya"

Pertanyaan berikutnya "Emang apa aja sih syarat-syaratnya?" Yuk kita lihat...

SYARAT-SYARAT JILBAB WANITA MUSLIMAH Oke, berikut ini kita liat apa kriteria jilbab yang sempurna dan coba kita cross-check apakah jilbab kita udah sesuai tuntunan syariat atau belum? Dan buat kamu-kamu yang belum berjilbab, inilah jilbab yang sesungguhnya...

a. Menutup seluruh badan Jilbab kamu harus sempurna menutupi seluruh badan kecuali wajah dan kedua telapak tangan. Karena Rasulullah -shallahu 'alaihi wa sallam- pernah berkata kepada Asma' binti Abu Bakar "Wahai Asma' sesungguhnya seorang perempuan yang telah haidh tidak boleh terlihat darinya kecuali ini (beliau menunjuk wajah dan kedua tangannya)" (Hadits riwayat Abu Daud dan dihasankan oleh Syaikh AlAlbani). So, kalau kamu pake kerudung, jangan sampe sengaja nongolin poni atau jangan pake kerudung yang cuma kaya topi doang dan lehernya terbuka dan jangan 'telanjang kaki' atau ga pake kaos kaki karena kaki kita juga termasuk aurat.
Adapun soal menutup wajah (pake cadar) dan kedua telapak tangan (pake kaos tangan) termasuk perbuatan terpuji walaupun tidak wajib dilakukan, barangsiapa yang melakukannya berarti dia telah berbuat baik, bagi yang tidak melakukan tidak berdosa.

b. Tidak untuk berhias
Allah berfirman dalam surat An-Nuur ayat 31 "Jangan lah mereka menampakkan perhiasan mereka", secara umum ayat ini mengandung larangan menghiasi pakaian yang dikenakannya sehingga menarik perhatian laki-laki. Misalnya bajunya full bordir dari atas sampai bawah, atau bajunya bertaburan payet warna-warni, atau punya motif yang mencolok dll.
Namun perlu diketahui bahwa sama sekali bukanlah kategori perhiasan jika pakaian yang dipakai wanita bukan hitam atau putih. Karena para istri nabi dan para shahabiyaat (sahabat wanita) pernah memakai warna selain hitam dan putih.

c. Kainnya harus tebal dan gak boleh tipis atau transparan
Why? Agar warna kulit tertutup dari pandangan laki-laki asing. Nabi -shalallahu 'alaihi wa sallam- pernah bersabda yang artinya: "Akan ada di akhir ummatku wanita-wanita yang berpakaian tapi telanjang diatas kepala mereka seperti terdapat punuk-punuk unta. Laknatilah mereka karena sesungguhnya mereka terlaknat"
Bahkan di riwayat lain ada tambahan:
" Mereka tidak akan masuk surga juga tidak dapat mencium aromanya padahal aroma surga dapat tercium dari jarak sekian dan sekian (menunjukkan bahwa aroma surga dapat tercium dari jarak yang amat jauh)"
Ulama kita, Ibnu 'Abdil Barr berkata: "Yang dimaksud nabi adalah perempuan-perempuan yang berpakaian tipis yang menampakkan (warna kulitnya) dan tidak menutupi (dari pandangan) maka mereka adalah perempuan yang berpakaian secara namanya dan telanjang pada hakikatnya"

d. Harus longgar dan gak boleh ketat atau nyeplak
Jilbab kamu harus longgar dan gak boleh ketat atau nyeplak bodi kamu. Misalnya kamu pakai kaos lengan panjang yang ketat, atau celana jeans pensil, atau celana legging, atau kerudung yang ketat dibagian leher, itu semua belum sempurna menutupi aurat kamu dan malah bisa 'mancing' cowok-cowok buat semakin melototin kamu. Tau gak? Fathimah binti Rasulullah pernah berkata kepada Asma' binti Abu Bakar "Wahai Asma', sesungguhnya aku memandang buruk seorang wanita yang mengenakan pakaian namun masih membentuk lekuk tubuhnya" Nah gimana keadaan muslimah hari ini?
Syaikh AlAlbani bilang " Oleh karena itu, hendaklah para mukminah zaman sekarang mau merenungkan hal ini, terutama para wanita yang masih memakai pakaian yang ketat yang masih menggambarkan bulatnya buah dada, pinggang, betis dan anggota badan lainnya. Selanjutnya hendaklah mereka beristighfar kepada Allah, bertobat kepadanya dan selalu mengingat sabda Nabi -shallahu 'alaihi wa sallam- 'Perasaan malu dan iman keduanya saling bertalian, manakala hilang salah satunya maka hilang pulalah yang lainnya'"

Hmm...beginilah yang bisa disampaikan pada kesempatan kali ini. Dan stay tune ya, soalnya masih ada lanjutannya nih. Oke deh, semoga mencerahkan dan jangan lupa diamalkan

to be continued...

Komentar

Postingan Populer